Sunday, June 08, 2008

making movies is fun!

hampir seminggu ini gw sibuk ngurusin pembuatan film pendek temen gw sesama lfm. lfm emang nyediain fasilitas buat bikin film.

nah, dalam film ini jabatan gw adalah manager produksi, yg disingkat jadi manpro.

ternyata bikin film pendek skalipun susah loh!
tugas gw secara umum adalah ngejaga flow pembuatan film sampai editing berjalan sesuai timeline. nah, timeline dan juklaknya gw juga yang buat.
karena bertugas ngejaga kelancaran produksi, jadi gw disini lebih sebagai "jembatan penghubung". ngehubungin cast, crew, mastiin perizinan tempat syuting, mastiin peralatan, pokonya make sure everything's fine.

sebelum syuting dimulai kami ngadain rehearsal dulu selama 2 hari. ternytaaa lama dan riweuh juga. huhu. nentuin angle kamera bisa sama ky storyboard ato engga..klo beda mikirin lgi caranya gimana.. nentuin lighting gmn klo ternyata kurang.. wih lama.
kasian juga cast-nya, klo kelamaan mereka suka bengong. hhe. untungnya cast kali ini cuma 3orang yang bkn nak2 lfm. dan mereka bertiga ini sobatan. jadi bisa ngisi waktu kosong dengan ngobrol2.

syuting dijadwalin 2 hari mulai dari jam9 ampe jam5. ternyata walopun uda rehears, smua kondisi di lokasi tu bisa ngubah perencanaan sblumnya. jadi bisa ada tambahan adegan, tambahan cast, cameo, ampe figuran. wawawa. repot skali ternyata.
padahal kalo uda diedit, durasi filmnya cuma skitar 15 menit. bikinnya tapi ngabisin 4 hari dan tenaga seharian penuh. film pendek aja uda gini..apalagi film besar ya? hehehe.

bikin film ga gampang loh. tapi fun juga! bisa tau cara2nya yg bener dan belajar dari kesalahan.. hmm..jadi tertarik juga. haha.
makasi y buat vina yang uda percayain gw jadi manpro.. smoga filmnya cepet beres...

making movies is fun!
:)

*gw ga salah grammar looh. hha. "making movies" itu subjeknya kata sang kabid video. ;)

1 comment:

Unknown said...

makasih ya bu manpro!
semoga filmnya jadinya bagus. amin.
hehehehehe


*semangat mengedit